Contoh Laporan Praktik Pengalaman Lapangan 1 (PPL1)

LAPORAN
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN 1
DI SMA NEGERI 3 DEMAK

Description: C:\Users\ghandi\Downloads\logo-unissula2.jpg

       Disusun oleh:
                  
1.      Ibnu Irfa F.                             (182110346)
2.      Achsana Auliya                      (182110308)
3.      Afiyatuz Zahroh                     (182110310)
4.      Ajeng I. Ilahiyah                    (182110313)
5.      Andini Syita                           (182110315)
6.      Dewi Wulandari                     (182110331)
7.      Sonia Hilwa Roshada              (182110390)
8.      Sutarmi                                   (182110393)


PRODI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS
FAKULTAS BAHASA
UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG
TAHUN 2014




KATA PENGANTAR

            Puji Syukur kami panjatkan Kepada Tuhan Yang Maha Esa atas terselesaikanya penyusunan laporan Praktik Pengalaman Lapangan I (PPL I). Laporan ini disusun guna memenuhi salah satu tugas pelaksanaan PPL dan disusun berdasarkan hasil observasi, wawancara dan latihan praktik mengajar di SMA Negeri 3 Demak yang dilaksanakan pada tanggal 7 Agustus 2014 sampai tanggal 4 Oktober 2014.
            Untuk itu, sebagai wujud penghargaan yang setinggi-tingginya, kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu, membimbing dan memperhatikan kami demi tersusunnya laporan ini, diantaranya:
1.      Dr. Anis Malik Thoha, Lc, MA, Ph.D, selaku Rektor UNISSULA Semarang.
2.      Kurniawan Yudhi Nugroho, M.Pd selaku kepala UPT PPL UNISSULA Semarang.
3.      Huyi Intan Sari, S.Pd selaku dosen pembimbing mahasiswa PPL UNISSULA Semarang.
4.      Drs. Sunarno Utomo M.Si selaku Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Demak.
5.      Muhamad Jaelani, S.Pd, selaku Wakil Kepala Sekolah Urusan Kurikulum dan Koordinator PPL.
6.      Drs. Ajar Susilo, selaku Wakil Kepala Sekolah Urusan Sarana Prasarana.
7.      Maslikan, S.Pd, selaku  Kepala Urusan Kesiswaan.
8.      Segenap Dosen Pembimbing Lapangan Bahasa Inggris.
9.      Seluruh Guru Pamong SMA Negeri 3 Demak.
10.   Segenap Guru dan Karyawan serta keluarga Besar SMA Negeri 3 Demak.

Penyusun menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari kesempurnaan. Kami berharap semua pihak turut serta memberi saran dan kritik yang membangun demi tersusunnya laporan yang lebih baik. Akhir kata semoga laporan Praktek Pengalaman Lapangan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kepada kita semua.
Semarang,  12 Agustus 2014


    Penyusun

BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Ilmu pendidikan merupakan hal yang sangatlah penting bagi dunia pendidikan. Pendidikan menjadi tujuan bagi setiap orang dalam pencapaian ilmu pengetahuan. Metode atau strategi mengembangkan ilmu pengetahuan tersebut dilakukan dengan cara mempraktikkan atau menerapkan ilmu pengetahuan tersebut dijenjang pendidikan maupun lingkungan masyarakat. Ilmu pengetahuan tersebut diharapkan dapat mendidik dan menjadi bekal hidup bagi tunas-tunas bangsa yang sedang berkembang.
Perguruan tinggi sebagai salah satu tempat pendidikan yang menyediakan dan memebentuk calon-calon penerus bangsa, turut andil dalam mewujudkan tercapainya tujuan pendidikan nasional. Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA) Semarang Fakultas Pendidikan Bahasa Inggris yang mana bertujuan mempersiapkan calon tenaga pendidik atau pengajar secara terarah, sistematis, dalam suatu jangka waktu tertentu agar di kemudian hari bisa menggunakan semua ilmu yang sudah didapat untuk menjadi tenaga pengajar pendidikan yang profesional dan bermutu dalam bersaing di dunia pendidikan. Oleh sebab itu, setiap mahasiswa Fakultas Pendidikan Bahasa Inggris wajib melaksanakan kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL-I) disekolah-sekolah yang telah dipersiapkan.
Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan mahasiswa Fakultas Bahasa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Islam Sultan Agung (Unissula ) Semarang atau biasa yang disebut dengan kegiatan PPL merupakan salah satu kegiatan yang bersifat intrakurikuler. Untuk mahasiswa yang sudah terpenuhi syarat-syarat tertentu sesuai dengan yang telah diminta oleh pihak Fakultas Bahasa, maka wajib bagi mahasiswa untuk mengambil Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dengan berbobot 4 SKS. Mahasiswa tidak akan dapat dinyatakan lulus jika belum mengikuti Praktik Perngalaman Lapangan (PPL), karena ini adalah bagian dari kurikulum yang sudah ditetapkan oleh pihak Fakultas Bahasa. Dalam pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini, mahasiswa harus berusaha semaksimal mungkin memadupadankan ilmu-ilmu yang sudah didapatkan selama perkuliahan dengan keadaan yang sebenarnya di lapangan dengan bertujuan untuk mengembangkan empat kompetensi dasar, diantaranya kompetensi kepribadian, kompetensi pedagogik, kompetensi sosial dan kompetensi profesional.

B.     Tujuan
Tujuan utama dari Praktik Pengalaman Lapangan adalah membentuk mahasiswa praktikan menjadi calon tenaga kependidikan yang profesional sesuai dengan prinsip-prinsip pendidikan berdasarkan kompetensi yang meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional dan kompetensi sosial.
C.    Manfaat
Manfaat yang dapat diperoleh setelah mahasiswa praktikan melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan tahap pertama adalah :
1.      Dengan PPL I Mahasiswa dapat mengenal lebih dalam tentang SMA N 3 Demak.
2.      Mahasiswa mengetahui proses kegiatan belajar dan pembelajaran di sekolah serta berbagai masalah yang mungkin timbul dan bagaimana pemecahannya.
3.      Mahasiswa mengetahui perangkat yang diperlukan dalam pembelajaran dan model – model pembelajaran yang dilaksanakan di kelas.
4.      Mahasiswa dapat menambah bekal materi yang akan dilaksanakan pada PPL II.


BAB II LAPORAN KEGIATAN OBSERVASI

A.    Keadaan Fisik Sekolah
1)      Situasi Sekolah
Situasi umum SMA N 3 Demak cukup baik, tertib dan disiplin. Struktur organisasi sekolah telah berjalan dengan keadaan yang baik. Melihat dan mengamati secara langsung tatanan maupun mekanisme kerja para guru, staf Tata Usaha di SMA N 3 Demak sangat disiplin, tepat waktu dan bertanggung jawab dalam menjalankan tugasnya masing-masing. Fasilitas yang disediakan mulai dari laboratorium, ruang UKS/BK, perpustakaan, mushola, koperasi dan lapangan olahraga menjadi nilai tambahan untuk sekolah ini.
2)      Sejarah Singkat Sekolah Latihan
SMA 3 Demak berdiri tanggal 19 Oktober 1999 Pada awal berdirinya, sekolah ini masih bergabung dengan SMA Negeri 1 Demak. Pada tahun 2000 tepatnya pada bulan Maret tahun 2000 SMA 3 Demak resmi menempati lokasi yang sekarang ini yaitu di Jalan Sultan Trenggono 81 Demak.
Saat ini SMA 3 Demak di pimpin oleh Bp. Drs. Sunarno Utomo yang dibantu oleh empat wakilnya yaitu Bp. MUHAMAD JAELANI, S.Pd ( Kurikulum ), Bp. MASLIKAN, S.Pd ( kesiswaan), Drs. AJAR SUSILO ( Sarana ) dan Bp. SOEHARFIATI, SE, M.Pd ( Humas ).
Adapun yang pernah menjadi pimpinan sekolah dapat diurutkan sebagai berikut:
-          Tahun 1999-2003 dipimpin oleh Bapak Sri Suyatno , K.BA
-          Tahun 2003-2004 dipimpin oleh Ibu Dra. Eny W
-          Tahun 2004-2007 dipimpin oleh Bapak Drs. Sutono , MM
-          Tahun 2007-2008 dipimpin oleh Bp. Drs Khayat
-          Tahun 2008-2009 dipimpin oleh Bp. Ali Ashadi
-          Tahun 2009-2010 dipimpin oleh Bapak Sugeng Tarmowinoto , S.Pd , M.Pd
-          Tahun 2010- sampai sekarang  dipimpin oleh Bp. Drs. Sunarno Utomo, M.Si.
3)      Letak Geografis
Sekolah SMA N 3 Demak terletak di Jl. Sultan Trenggono 81 Demak Telp: 0291 681648. Letaknya sangat strategis dan sangat mudah untuk dijangkau dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi  karena letaknya persis di dekat jalan raya utama jalur pantura. Namun demikian, itu tidak membuat suasana pembelajaran di dalam kelas  gaduh oleh bising kendaraan karena tata ruangnya yang dikelola dengan baik dan teratur.
4)      Visi dan Misi SMA Negeri 3 Demak
a.       Visi
Terwujudnya sekolah yang berkompetensi tinggi, berbudaya, dan religious.
b.      Misi
1.      Menyelenggarakan proses belajar mengajar dan bimbingan secara efektif, sehingga setiap siswa dapat berkembang secara optimal.
2.      Menciptakan suasana kondusif bagi seluruh warga sekolah.
3.      Menumbuhkan sikap berbudi pekerti luhur bagi seluruh warga sekolah.
4.      Menumbuhkan semangat dan jiwa nasionalisme bagi seluruh warga sekolah.
5.      Mengembangkan budaya agamis bagi seluruh warga sekolah.
B.     Keadaan Lingkungan Sekolah
1)      Lingkungan Sekitar Sekolah
Setelah mengamati SMA N 3 Demak, keadaan sekitar lingkungan sekolah tersebut secara keseluruhan dikelilingi oleh tempat tinggal peduduk dan berhadapan langsung dengan jalan raya/ pantura. Meskipun berhadapan langsung dengan jalan raya, proses KBM masih berjalan dengan lancer karena adanya penempatan fasilitas sekolah yang teratur dari sekolah.
2)      Tingkat Kebersihan Sekolah
Lingkungang sekolah SMA N 3 Demak cukup baik dan tertata dengan rapi. kebersihan sekolah merupakan hal yang penting bagi setiap warga sekolah, karena tingkat kebersihan menunjukan keadaan bagaimana gambaran atau pandangan setiap sekolah itu sendiri. Oleh sebab itu, setiap warga sekolah wajib menjaga kebersihan untuk memperoleh kenyamanan di dalam sekolah tersebut. Dalam aspek kebersihan, dapat dikatakan SMA N 3 Demak ini termasuk sekolah yang mempedulikan kebersihan. Hal ini terbukti dengan adanya tempat sampah organik dan anorganik di tiap kelas dan di sekitar halaman sekolah. Di dalam kelas dan ruang guru juga sudah bersih. Kamar mandi murid dan guru juga masuk ke dalam kategori kamar mandi yang bersih dan terawat. Ruang perpustakaan juga terlihat bersih dan tertata dengan rapi. Hal yang dilakukan untuk menjaga kebersihan sekolah yaitu:
a.       Penanaman tanaman peneduh di sekitar halaman sekolah sehingga dapat mengurangi panas matahari.
b.      Kebersihan lingkungan sekolah yang dilakukan oleh penjaga sekolah setiap hari.
c.       Dilakukan kegiatan piket pada tiap-tiap kelas.
d.      Tersedianya alat kebersihan dan tempat sampah yang cukup.
3)      Kebisingan
Keadaan sekitar SMA N 3 Demak ini masih asri dan nyaman untuk kegiatan pembelajaran. Walaupun dekat dari rumah penduduk dan berjarak kira-kira 15 meter dari jalan raya desa namun suasana di SMA N 3 Demak jauh dari kebisingan. Sehingga siswa-siswi di SMA N 3 Demak tidak terganggu dengan keadaan lingkungan sekitar, dengan begitu proses belajar dan mengajar bisa berjalan dengan baik.
4)      Sanitasi
Untuk sanitasi di dalam sekolah sudah cukup sehat. Aliran air dapat mengalir dengan lancar dan tidak menggenang di satu tempat sehingga tidak menimbulkan bau yang tidak sedap. Begitupula dengan sanitasi di lingkungan sekolah, sanitasi di lingkungan SMA N 3 Demak juga sudah tergolong sebagai sanitasi yang baik, di mana air pembuangan dapat mengalir dengan lancar sehingga bebas dari banjir apabila musim hujan tiba dan tidak mengganggu jalannya proses KBM.
C.    Fasilitas Sekolah
1)      Fasilitas atau sarana yang dimiliki sekolah untuk menunjang proses belajar mengajar berupa:
·         Gedung Sekolah
Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Demak memiliki gedung sekolah sendiri sejak bulan Maret tahun 2000. Gedung sekolah terletak di Jl. Sultan Trenggono 81 Demak, Indonesia. Ruang Guru/ kantor terletak berhadapan dengan ruang kepala sekolah. Terdapat meja, kursi, almari, dan papan informasi dengan kondisi ruangan cukup baik dan bersih.
·         Ruang Kelas/ belajar
Ruang kelas yang ada di SMA N 3 Demak telah layak digunakan untuk Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) bagi siswa maupun guru.  Adanya fasilitas yang menunjang kegiatan belajar mengajar seperti meja, kursi, papan tulis, penghapus, LCD (tidak semua), alat kebersihan, tempat sampah, dan  meja & kursi guru terdapat didepan kelas dan tertata dengan rapi. SMA Negeri 3 Demak memiliki beberapa kelas yang digunakan untuk proses belajar mengajar, jumlah ruang kelas yang akan disediakan berjumlah 28 ruang kelas. Hal ini didasarkan pada jumlah siswa yang ada dan dikelompokkan menjadi 28 kelas, dengan pembagian kelas sebagai berikut :
a.       Kelas X          : Ada 9 ruang kelas
Dengan rincian Kelas X MIA ada 4 kelas dan X IIS ada 5 kelas.
b.      Kelas XI        : Ada 9 ruang kelas
Dengan rincian Kelas XI MIA ada 4 kelas dan XI IIS ada 5 kelas.
c.       Kelas XII : Ada 10 ruang kelas
Dengan rincian Kelas XII IPA ada 4 kelas dan XII IPS ada 5 kelas.
·         Ruang Kepala Sekolah
Ruang Kepala Sekolah terletak di sebelah timur  ruang guru SMA N 3 Demak dengan luas kurang lebih 19 m2, menghadap ke arah barat yang mana ruang kepala sekolah bersebelahan dengan ruang TU. Ruang ini difasilitasi oleh prasarana yang cukup memadai. Sarana pendidikan ini diantaranya seperti, satu unit komputer, serta kursi dan meja tamu yang tertata rapi.
·         Ruang Tata Usaha
Ruang Tata Usaha merupakan ruang kerja yang berfungsi sebagai pusat administrasi sekolah. Ruang tata usaha tersambung dengan ruang kepala sekolah. Sebagai tempat atau ruang administrasi sekolah, luasnya memadai.
Fasilitas yang terdapat pada ruang TU meliputi: Komputer, printer, rak buku, meja & kursi.
·         Ruang Guru
Untuk memunjang kenyamanan dalam bekerja secara professional, guru-guru yang terdapat di SMA Negeri 3 Demak mendapat tempat yang cukup nyaman untuk bekerja yaitu ruang guru. Setiap guru memiliki fasilitas tempat meja & kursi sendiri, almari, rak buku, dll yang telah disediakan dan ditentukan oleh pihak sekolah.
·         Ruang Perpustakaan
Gedung perpustakaan di SMA Negeri 3 Demak sudah cukup baik bila dipandang dari segi fisiknya. Ruang ini mempunyai fentilasi yang memadai sehingga udara dan cahaya dapat bertukar dengan normal. Ruangan ini berada di sebelah barat laboratorium komputer menghadap ke utara dan jauh dari keramaian sehingga memungkinkan digunakan untuk konsentrasi dalam membaca ataupun belajar. Perpustakaan ini memiliki beberapa buah almari, rak buku yang cukup besar dan beberapa meja kursi untuk membaca. Buku-buku yang tersedia mayoritas buku-buku pengembangan untuk meningkatkan pengetahuan peserta didik berkenaan dengan ilmu yang sedang dipelajari. Meja kursi yang berfungsi sebagai tempat membaca berada ditengah-tengah dan sisi utara dari perpustakaan dengan rakrak buku di sebelah barat meja kursi membaca. Kondisi ruangan sangat nyaman karena pelayanan yang baik dan juga sarana dan prasarana lain yang mendukung, diantaranya komputer dan meja sebagai pusat untuk peminjaman dan pengembalian buku.
·         Ruang Laboratorium
Di SMA N 3 Demak terdapat beberapa ruang laboratorium yang dapat menunjang KBM peserta didik dalam belajar seperti adanya laboratorium kimia, bahasa, biologi, fisika, computer dan laboratorium PSB.
-          Laboratorium Bahasa
Laboratorium Bahasa yang terdapat disekolah masih layak digunakan. Dengan Ruangan yang cukup nyaman dan dilengkapi dengan peralatan yang sangat menunjang bagi proses belajar mengajar seperti LCD, computer untuk guru, tape recorder, dan headphone untuk setiap siswa di SMA N 3 Demak.
-          Laboratorium Biologi
Laboratorium biologi yang terdapat di sekolah cukup baik digunakan dan luas, tetapi kurangnya perawatan dan jarang digunakan menyebabkan ruangan berdebu dan kurang bersih begitu juga dengan peralatan dan perlengkapan yang tersedia kurang begitu terawat.
-          Laboratorium Fisika
Laboratoriu fisika terletak didekat laboratorium kimia, yang mana lab. Fisika masih dalam proses penbangunan dan perbaikan. Laboratorium belum layak digunakan untuk praktek proses kegiatan belajar mengajar.
-          Laboratorium Kimia
Laboratorium Kimia layak digunakan, fasilitas yang terdapat di laboratorium cukup baik seperi adanya meja, kursi, almari untuk gelas kaca dan fasilitas lainya cukup baik pula.
-          Laboratorium Komputer
Laboratorium computer yang ada di SMA 3 Demak terletak dilantai dua yang mana berdampingan disebelah timur aula dan disebelah barat berdampingan dengan laboratorium PSB. Kondisi cukup baik dan layak digunakan sebagai penunjang dalam proses belajar TIK. Fasilitas yang terdapat dalam laboratorium komputer meliputi  komputer, headphone, dan tape recorder.
-          Laboratorium PSB
Laboratorium PSB yang terdapat di sekolah terletak disebelah laboratorium Komputer. Kondisinya cukup baik dan sangat layak digunakan, fasilitas yang terdapat di laboratorium PSB yaitu meja, kursi, Komputer, LCD yang cukup baik kondisinya.
·         Ruang UKS
Kondisi ruang UKS di sekolah nyaman, bersih, baik dan layak digunakan. Ruang UKS memiliki fasilitas yang cukup lengkap, fasilitas yang disediakan seperti kotak P3K/ obat-obatan, tempat berbaring/ matras, almari, meja petugas perpustakaan, kursi timbangan berat badan,
·         Ruang BK
Ruang BK SMA Negeri 3 Demak  terletak di sebelah barat kantor guru yang merupakan salah satu wadah yang digunakan untuk membantu peserta didik dalam meyelesaikan masalah pribadi, menggali segala potensi yang ada agar dapat dikembangkan dan diaktualisasikan dalam kehidupan nyata. Fasilitas dalam ruang BP/BK dilengkapi dengan ruang tamu, lemari untuk menyimpan data, dan meja kursi untuk konsultasi peserta didik. Program BP meliputi seluruh kegiatan bimbingan dan penyuluhan yang berupa jenis-jensis pelanyanan dan berbagai pendukung lainnya. Bentuk-bentuk layanan BP/BK yakni layanan Orientasi, layanan informasi, layanan penempatan/penyaluran, layanan pembelajaran, layanan konseling untuk siswa. Di SMA Negeri 3 Demak kasus atau masalah yang sering ditangani oleh bagian BK yaitu peserta didik yang datang terlambat.
·         Ruang Seba Guna/ AULA
Ruang serbaguna/ AULA yang dimiliki sekolah sangat memadai, fasilitas yang disediakan di AULA seperti AC, sound, tipas angin, meja, kursi. Aula terletak dilantai 2 yang mana bersampingan dengan laboratorium komputer.
·         Ruang OSIS
Sekolah menyediakan Ruang OSIS cukup nyaman, yaitu terletak disebelah X Mia 4, kondisi cukup terawat.dan dilengkapi dengan fasilitas yang cukup memadai meliputi meja, kursi.
·         Ruang Pramuka
Ruang pramuka terletak dilantai 2 yang mana bersebelahan langsung dengan Aula sekolah. Kondisi cukup baik dan terawat dan sering digunakan oleh Pembina pramuka & pengurus pramuka ketika ekstrakurikuler pramuka.
·         Koperasi dan Kantin
Di SMA 3 Demak SMA terdapat beberapa kantin yang terletak di belakang kelas XI IIS 1, 2, dan 3 yang mana menjual berbagai makanan dan minuman, sedangkan koperasi sekolah menjual makanan kecil dan berbagai alat-alat tulis yang dibutuhkan oleh siswa.
·         Musholla
Mushola yang terdapat di SMA Negeri 3 Demak cukup bagus dan sering digunakan untuk beribadah warga sekolah dengan baik dan tertib.
·         MCK/ Kamar Mandi
MCK/ Kamar mandi terdapat 4 tempat yaitu 3 kamar mandi/wc siswa & 1 kamar mandi guru. Kamar mandi siswa terletak diatas yang bersebelahan dengan Aula, kamar mandi/wc bagian bawah terletak bersebelahan dengan kelas XII IPA dan mushola, dan terletak didekat kelas XII IPS 4 dan kamar mandi/wc guru terletak disebelah timur ruang BK.
D.    Pemanfaatan Sekolah
SMA N 3 Demak merupakan sekolah negeri yang mandiri yang dinaungi oleh pemerintah kabupaten Demak. Dalam hal pengelolaan dan pemanfaatan sekolah dikelola oleh pihak sekolah dengan baik dan bertanggung jawab. Bangunan dan semua fasilitas di SMA Negeri 3 Demak hanya digunakan oleh satu organisasi sekolah yaitu SMA Negeri 3 Demak sendiri sebagai tempat belajar bagi siswanya. Dengan kata lain tidak ada organisasi sekolah lain yang menggunakan bangunan dan fasilitas yang ada di SMA Negeri 3 Demak. Untuk pembagian jam kegiatan belajar mengajar (KBM) di SMA Negeri 3 Demak antara hari biasa dan hari puasa bulan ramadhan berbeda. Adapun rincian pembagian jam KBM disertakan dalam lampiran.
E.     Keadaan Guru dan Siswa
·         Keaadaan Guru
Daftar keadaan guru dan pegawai SMA N 3 Demak, Dari pengamatan tim mahasiswa UNISSULA yang diterjunkan di sekolah tersebut, kami telah mengamati bahwa SMA N 3 Demak telah berhasil menggunakan Sekolah sebagai suatu sistem pendidikan yang begitu penting perananya bagi perkembangan anak pada usia remaja. Hal ini didasarkan dari fakta bahwa keadaan guru  di SMA N 3 Demak dapat dikatakan baik dalam artian bahwa guru-guru tersebut merupakan orang yang berkompeten di bidang pendidikan. Adapun pegawai negeri sipil di SMA N 3 Demak ini berjumlah 38 orang yang terdiri dari 1 kepala sekolah dan guru GTT yang berjumlah 19 orang. Jumlah seluruh guru yang terdapat di sekolah berjumlah 57 orang yang terdiri dari 1 kepala sekolah.
·         Keadaan Siswa
Siswa-siswi yang belajar di SMA N 3 Demak merupakan masyarakat sekitar yang rumahnya tidak jauh dari sekolah ini. Jumlah dari keseluruhan siswa yang belajar di SMA N 3 Demak pada saat ini sebanyak 1084 siswa, yang mana kelas X berjumlah 337, XI berjumlah 340, dan kelas XII berjumlah 407.  Sekolah  juga telah mencetak beberapa anak yang berprestasi baik itu tingkat kabupaten hingga ditigkat provinsi. Hal ini menunjukkan bahwa baik kepala sekolah  maupun guru beserta jajaran staf SMA N 3 Demak telah serius dalam mencetak siswa-siswa berprestasi. Selain itu kami tim mahasiswa UNISSULA melihat bahwa SMA N 3 Demak  juga menjunjung tinggi nilai adat istiadat dan nilai kesopanan yang berlaku di masyarakat. Masyarakat sekitar SMA N 3 Demak sebagia besar merupakan  masyarakat yang agamis, dan menjunjung tinggi nilai kebudayaan. Oleh karena itu dengan sendirinya SMA N 3 Demak  juga menerapkan perilaku menjunjung budaya dan adat istiadat seperti masyarakat sekitar dan menerapkan prinsip 5S yaitu Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun. Hubungan sosial antara guru dengan guru juga terlihat baik, begitu pula hubungan antara murid dengan murid dan antara guru dengan murid. Semua guru selalu bersikap sopan dan menyenangkan. Hal inilah yang mungkin menyebabkan siswa-siswa nya pun begitu menghormati guru-guru di SMA N 3 Demak.
F.     Interaksi Sosial di sekolah
Interaksi sosial adalah segala bentuk interaksi atau hubungan yang terjadi dalam satu masyarakat (society). Interaksi sosial di sekolah meliputi:
1.      Hubungan antara Kepala Sekolah dengan Guru
Hubungan antara kepala sekolah dengan guru di SMA Negeri 3 Demak terjalin dengan baik. Hal ini bisa disimpulkan dari kegiatan Kepala sekolah yang telah melaksanakan fungsinya sebagai tenaga pendidik, manager, administrator, supervisor, pemimpin dan juga motivator yang baik serta merupakan figur yang mempunyai kepribadian yang mantap dan disiplin yang tinggi, dengan sifat-sifat tersebut kepala sekolah dapat menjalin hubungan baik dengan berbagai pihak terutama guru sebagai partner kerja dalam mempersiapkan pembelajaran.
2.      Hubungan antara Guru dengan Guru
Kesan praktikan yang didapatkan di SMA Negeri 3 Demak ini adalah komunikasi antarguru yang terjalin cukup baik dan saling berinteraksi satu sama lain. Warga sekolah senantiasa mengembangkan prinsip 5S yaitu senyum, sapa, salam, sopan dan santun. Hal ini tercermin dari cara-cara guru menyambut praktikan, dan perilaku sehari-hari yang dapat diamati oleh para praktikan di Sekolah.
3.      Hubungan antara Siswa dengan Siswa
Hubungan antarsiswa SMA Negeri 3 Demak bisa dikatakan sangat dekat dan baik. Hal ini dikarenakan adanya beberapa peraturan yang sengaja dirancang untuk membentuk kepribadian interaksi positif diantara siswa, antara lain siswa harus menyapa dan memberi salam (hormat) terlebih dahulu ketika bertemu dengan senior, dan orang yang dituakan diwajibkan untuk membalasnya.
4.      Hubungan antara Guru dengan Staf Tata Usaha
Hubungan antara guru dengan staf tata usaha dapat dikatakan baik karena ketika guru memerlukan bantuan staf tata usaha, maka staf tata usaha akan membantu dengan semaksimal mungkin. Misalnya, ketika guru harus melengkapi berkas-berkas untuk sertifikasi guru, untuk itu guru dapat meminta bantuan kepada staf tata usaha.
5.      Hubungan Secara Keseluruhan
Berdasarkan pengamatan yang telah kami lakukan, bisa kami ambil simpulan bahwa SMA Negeri 2 Pekalongan telah terjadi interaksi sosial baik itu kepala sekolah-guru, guru-guru, siswa-siswa, guru-siswa, dan guru-staf tata usaha.
G.    Pelaksanaan Tata Tertib
Pelaksanaan tata tertib sekolah di SMA Negeri 3 Demak dapat diketegorikan baik. Dapat ditunjukkan dari pelaksanaan setiap harinya di sekolah, dimana setiap poin yang dicantumkan dalam Tata Tertib Sekolah telah dilaksanakan dengan tertib dan baik. Untuk siswa yang melanggar peraturan tata tertib sekolah mendapatkan sanksi yang sesuai dengan tingkat kesalahan yang dibuat. Guru tidak diperbolehkan untuk memberikan hukuman secara fisik kepada siswa, tetapi guru memberikan hukuman yang mendidik sehingga siswa mempunyai kesadaran untuk tidak mengulangi kesalahan yang telah dibuat. Untuk guru juga harus mematuhi tata tertib guru yang ada di SMA Negeri 3 Demak. Seluruh warga sekolah harus mentaati dan mematuhi tata tertib yang ada di sekolah agar melatih warga sekolah untuk disiplin dalam segala hal.
H.    Bidang pengelolaan dan Administrasi
Dari kegiatan observasi yang terdiri dari beberapa tinjauan yaitu, Struktur organisasi sekolah, struktur organisasi kesiswaan; Struktur administrasi sekolah, struktur administrasi kelas, struktur administrasi guru, serta komite sekolah dan peranannya; Kalender akademik, jadwal kegiatan pelajaran dan kegiatan intra/ekstrakurikuler; Alat bantu PBM; dapat ditarik kesimpulan bahwa pengelolaan administrasi SMA Negeri 3 Demak telah dilaksanakan dengan baik.
1)      Struktur organisasi sekolah, struktur organisasi kesiswaan;
-          Struktur Organisasi sekolah
-       Struktur organisasi SMA Negeri 3 Demak menggambarkan kepengurusan sekolah sebagai suatu organisasi yang dikelola secara baik dan sistematis.Adapun bagan struktur organisasi SMA Negeri 3 Demak periode 2014/2015 dan pembagian tugas masing-masing pada struktur organisasi tersebut terlampir.
2)      Struktur Administrasi Sekolah, Administrasi Kelas, dan Administrasi Guru
Pengelolaan administrasi di SMA Negeri 3 Demak dikelola oleh bagian Tata Usaha (TU) yang dikepalai oleh kepala bagian Tata Usaha dan dibantu Staf Tata Usaha lainnya. Pengelolaan administrasi kelas dilaksanakan oleh kelas yang bersangkutan yang pengelolaannya dilakukan oleh wali kelas dan kepengurusannya dipimpin oleh seorang ketua kelas. Dalam kelas dibentuk kepengurusan kelas yang nantinya akan mengurusi segala administrasi kelas yang bersangkutan. Pengelolaan administrasi guru dilaksanakan oleh guru yang bersangkutan, antara lain meliputi : pembuatan RPP, silabus, Program Tahunan, program semester, dan daftar nilai siswa.
3)      Struktur Organisasi Kesiswaan, Kegiatan Intrakurikuler dan Ekstrakuikuler
Kepengurusan organisasi siswa di SMA Negeri 3 Demak dilaksanakan oleh OSIS yang dipimpin oleh seorang ketua OSIS dibimbing oleh Pembina OSIS.Kegiatan intra dan ekstrakurikuler ditangani oleh Wakasek urusan kesiswaan. Kegiatan intrakurikuler merupakan kegiatan yang dilakukan dalam jam pelajaran sekolah yang meliputi proses pembelajaran di kelas, praktikum di laboratorium. Kegiatan ekstrakurikuler yang ada di SMA Negeri 3 Demak antara lain: kepramukaan, KIR , PMR, Bola Volley, Bola basket, Sepak bola, Sepak Takraw, Atletik, Kir Sosial, Renang, Silat (Perisai Diri), Tari, dan Musik.
4)      Alat Bantu PBM
Dalam proses pembelajaran guru menggunakan alat bantu dalam menyampaikan materi pelajaran kepada siswa. Akan tetapi, banyak guru yang belum bisa memanfaatkan alat bantu mengajar yang efektif dan efisien. Alat bantu dalam PBM antara lain meliputi: buku mata pelajaran, white board, spidol, penghapus serta alat bantu PBM yang lain seperti alat praktikum, media komputer, LCD.
5)      Kalender Akademik dan Jadwal Kegiatan Pelajaran
Pelaksanaan PBM dan kegiatan sekolah lainnya dilaksanakan sesuai kalender pendidikan yang berlaku di sekolah meliputi jadwal kegiatan pembelajaran, hari libur nasional, dan jadwal kegiatan lainnya. Data mengenai kalender pendidikan dan jadwal kegiatan pelajaran yang berlaku di SMA Negeri 3 Demak terlampir.
6)      Komite Sekolah dan Peranannya
Menurut Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2002, Komite Sekolah adalah badan mandiri yang mewadahi peran serta masyarakat dalam rangka peningkatan mutu, pemerataan, dan efisiensi pengelolaan pendidikan di satuan pendidikan. Dalam hal ini Komite Sekolah ikut berperan sebagai pemberi pertimbangan (advisory), pendukung (supporting), pengontrol (controlling), dan mediator (links).Keanggotaan komite Sekolah diambil dari unsur masyarakat dan pihak sekolah (dewan guru). Adapun susunan Komite Sekolah SMA Negeri 3 Demak terlampir

BAB III PENUTUP
A.    Kesimpulan
Selama orientasi dan observasi dalam kegitan PPL I di SMA Negeri 3, penyusun dapat memberikan simpulan sebagai berikut :
-          Keadaan fisik sekolah terdiri dari beberapa ruangan yaitu ruang kepala sekolah dan guru , ruang kelas, lapangan voli, kamar kecil, lapangan loncat, gudang, perpus dan UKS serta kantin.
-          Kondisi lingkungan sekolah yang kondusif yaitu kebersihan, kebisingan dan sanitasi lingkungan sekolah terjaga dengan baik.
-           Di SMA Negeri 3 terdapat beberapa fasilitas yang cukup memadai dalam pelaksanaan kegiatan sekolah diantaranya terdapat ruang guru dan kantor, lapangan olahraga, ruang perpustakaan, MCK, mushola, kantin sekolah dan dapur, ruang UKS dan gudang.
-          Penggunaan ruangan sekolah dari kelas X sampai kelas XII sudah terpakai sebagaimana mestinya selama proses pembelajaran berlangsung.
-          Hubungan/interaksi sosial di SMA Negeri 3 terjalin sangat harmonis, semua masalah diselesaikan dengan cara kekeluargaan. Diantara kepala sekolah, guru, tenaga pekerja dan siswa di SMA tersebut saling menghormati satu sama lain serta tidak ada kesenjangan diantara mereka.
-          Pelaksanaan tata tertib sekolah di SMA Negeri 3 sudah dapat dikategorikan dalam keadaan yang tertib dan baik.
-          Dari kegiatan observasi, pengelolaan administrasi SMA Negeri 3 telah dilaksanakan dengan baik. Masing-masing pegawai melaksanakan tugas dan kewajibannya dengan baik.
B.     Saran:
1.      Bagi SMA Negeri 3 Demak
Saran Praktikan bagi sekolah kerjasama, yakni SMA Negeri 3 Demak dapat menjalin kerjasama dengan Universitas yang mempunyai program kependidikan secara berkesinambungan sehingga dapat terus menerima Mahasiswa PPL untuk belajar di SMA Negeri 3 Demak pada tahun-tahun selanjutnya.
2.      Bagi Universitas Islam Sultan Agung Semarang
Saran Praktikan bagi pihak Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA) agar lebih diperhatikan dalam memberikan pengarahan tentang pelaksanaan PPL seperti pembuatan laporan PPL harus lebih diperjelas agar praktikan dapat memiliki patokan yang jelas dalam membuat laporan. Selain itu kunjungan di sekolah praktik harus lebih sering dilakukan, sehingga dapat memberi motivasi kepada guru praktikan serta dapat mempererat hubungan dengan pihak sekolah.

Demikian laporan observasi Praktik Pengalaman Lapangan (PPL 1) di SMA Negeri 3 Demak ini kami susun semoga laporan ini dapat memberi manfaat bagi masyarakat luas pada umumnya dan civitas akademika UNISSULA dan SMA Negeri 3 Demak secara khusus. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DOMESTIC THREE LETTERS CODE OF GARUDA INDONESIA AIRLINE

Distinguish of Education System between Indonesia and Japan